Kegagalan Tidak Membuat si Iron Man Ini Menyerah


Siapa yang tidak kenal dengan Iron Man? Sepertinya tokoh superhero ini sudah memiliki fans yang sangat banyak di seantero dunia, dari anak kecil hingga orang dewasa. Kesuksesan tersebut tak lepas dari sosok aktor gaek, Robert Downey Jr, yang selalu total di dalam memerankan Iron Man. Robert adalah aktor papan atas yang juga populer dalam perannya di film Sherlock Holmes versi layar lebar. Namun siapa sangka, aktor Hollywood yang gagah tersebut harus menelan banyak kepahitan dalam kehidupan pribadi dan karirnya sampai hampir saja menyerah.

Robert Downey Jr lahir di Manhattan, New York pada 4 April 1965. Pria yang memiliki wajah cool ini terlahir dari orang tua yang berkecimpung di dunia perfilman. Ayah Robert adalah seorang filmmaker, aktor dan juga direktur untuk film yang diproduksinya sendiri, sedangkan sang ibu adalah seorang aktris di film skala kecil. Ternyata ayahnya telah mengenalkan dunia film pada Robert kecil sejak usia lima tahun. Di usia tersebut Robert Downey Jr telah memperoleh peran kecil di salah satu film produksi ayahnya.

foto Robert Downey Jr
sumber gambar: successstory.com

Kecintaan pada dunia film yang telah dimulai sejak usia kanak-kanak mendorong Robert untuk menempuh pendidikan khusus di Stagedoor Manor Performing Arts Institute di usia 12 tahun. Menginjak usia 13 tahun ia pindah ke sekolah Santa Monica High School namun tak sampai lulus karena di tahun 1982, Robert memutuskan untuk berhenti sekolah untuk menjadi full time actor.

Keputusan berani untuk pindah ke New York dan tidak melanjutkan sekolah ternyata tak langsung mendekatkan Robert Downey Jr pada kesuksesan. Meski ia mendapat banyak peran di film kecil dan pertunjukan teater, Robert tak kunjung mendapat perhatian dari penikmat film. Ia baru mulai dilirik para filmmaker dan mendapat review positif oleh kritikus film ketika memerankan seorang pecandu narkoba di film 'Less Than Zero' (1987). Dari peran itulah beberapa peran penting berhasil ia dapatkan.

Jalannya sebagai aktor semakin terbuka lebar semenjak sukses memerankan karakter Charlie Chaplin di film 'Chaplin' (1992). Bahkan Robert Downey Jr mendapatkan nominasi pertamanya sebagai Best Actor di ajang bergengsi Academy Award. Sayangnya kesuksesan tersebut dibuntuti dengan masalah pribadi. Di puncak ketenarannya, Robert malah keluar masuk penjara karena penyalahgunaan obat terlarang. Popularitasnya pun menurun drastis dan selepas keluar dari penjara pun Robert sempat berkata ingin menyerah dari dunia akting. Tampaknya rasa frustasi dan kegagalan besar  tidak mematikan rasa cinta pada dunia seni peran sepenuhnya. Setelah bebas dari narkoba dan menjalani masa rehabilitas berbulan-bulan, Robert kembali lagi ke dunia akting dan kali ini sukses merebut perhatian publik di serial televisi 'Ally Mc Beal'. Pernikahan pertama  hancur di kala Robert keluar masuk penjara, namun wanita bernama Susan Levin berhasil membuat Robert bertekad keras untuk tak lagi memakai narkoba dan mau berkarir lebih Sukses lagi. ‘Tony Star’ melakukan pernikahan untuk kedua kali dan masih harmonis hingga kini.

foto Robert Downey Jr



Semangat dan ketekunan Robert Downey Jr membuahkan keberhasilan besar. Film 'Iron Man' menjadi film superhero box office di dunia internasional. Selain itu film 'Avenger' serta 'Spiderman: Homecoming' juga makin seru dengan kehadiran Iron Man. Pria ini membuktikan jika kegagalan di masa lalu akan menguatkan diri selama kita tak mau menyerah. Mencintai passion adalah jalan agar kita sukses asal mau tekun dan terus belajar dari kegagalan serta kesalahan.

Image result for iron man robert

1 komentar:

  1. Salah satu favorit aktor nih, si iron man hehehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.